ANALISIS KUALITAS PRODUK JASA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT TK IV 02.07.01 (DETASEMEN KESEHATAN TENTARA) BENGKULU

Harti, Voppy and Sudarto, Sudarto (2007) ANALISIS KUALITAS PRODUK JASA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT TK IV 02.07.01 (DETASEMEN KESEHATAN TENTARA) BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-VOP-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (141kB)
[img] Text
IV,V-VOP-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (118kB)

Abstract

Perusahaan menyadari banyak keuntungan dengan produk yang berkualitas, perusahaan dapat tetap survive dan bersaing di pasaran, produk berkualitas akan memberikan kepuasan kepada konsumen dan produk berkualitas dapat meningkatkan volume penjualan dan pada akhirnya akan menambah laba/keuntungan. Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan juga harus memberikan dan menciptakan jasa yang berkualitas, karena rumah sakit juga tidak terlepas dari persaingan. Sebuah rumah sakit untuk tetap hidup dan berkembang serta survive atas tuntutan pasien, harus adanya perhatian terhadap kualitas. Kualitas rumah sakit harus baik menurut pengelola maupun menurut pasien, sehingga pasien sebagai pelanggan dapat dipertahankan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas Rumah Sakit TK IV 02.07.01 (DKT) Bengkulu menurut anggapan pasien dilihat dari fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada pasien. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian diskriptif dengan menggunakan metode survei. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling (sampling kebetulan). Responden penelitian adalah pasien rawat inap sebanyak 45 orang dan personil penyelenggara pelayanan kesehatan 20 orang. Metode pengolahan data meliputi editing, koding dan tabulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis diagram Pareto dan analisis diagram Sebab-Akibat. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa di Rumah Sakit TK IV 02.07.01 (DKT) Bengkulu terdapat beberapa permasalahan penting yang terjadi. Dengan diagram pareto permasalahan tersebut diurutkan yaitu lemari pakaian rusak (92%), jam kerja dokter spesialis yang tidak memenuhi standar maksimum (85%), kualifikasi pendidikan ahli/pengatur gizi tidak sesuai standar (60%), AC rusak (33%), meja dan kursi tamu rusak (33%), jam kerja perawat melebihi standar maksimum (20%) dan jam kerja dokter umum melebihi standar maksimum (5%) Dengan jumlah personil dan kualifikasi yang ada serta fasilitas yang tersedia saat ini pihak rumah sakit menyadari keterbatasan dalam pemberian pelayanan kepada pasien. Dalam kondisi ini pihak rumah sakit telah dan selalu mengupayakan peningkatan baik jumlah maupun kualifikasi personil serta mengupayakan penambahan dan perbaikan fasilitas untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 04 Dec 2013 15:48
Last Modified: 04 Dec 2013 15:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item