HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GURU TENTANG MANAJEMEN KELAS DAN KOMITMEN TERHADAP TUGAS DENGAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN MANAJEMEN KELAS DI SMA NEGERI 1 ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Purwanto, Bambang and Zakaria, Zakaria and Bambang, Sahono (2009) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GURU TENTANG MANAJEMEN KELAS DAN KOMITMEN TERHADAP TUGAS DENGAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN MANAJEMEN KELAS DI SMA NEGERI 1 ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
Bambang Tesis ok.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (503kB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat hubungan antara pengetahuan guru tentang manajemen kelas dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas? (2) apakah terdapat hubungan antara komitmen guru dengan kemampuan melaksanakan manajemen kelas? (3) apakah terdapat hubungan antara pengetahuan guru tentang manajemen kelas dan komitmen terhadap tugas dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) hubungan antara pengetahuan guru tentang manajemen kelas dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas; (2) hubungan antara komitmen guru dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas; 8 (3) hubungan antara pengetahuan guru tentang manajelen kelas dan komitmen guru dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian adalah 55 orang guru yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi untuk variabel kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas, tes untuk variabel pengetahuan guru tentang manajemen kelas, dan angket untuk variabel komitmen guru terhadap tugas. .Analisis data menggunakan korelasi sederhana, korelasi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat korelasi positif antara pengetahuan guru tentang manajemen kelas dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas sebesar 0,85. Hal ini berarti bahwa makin baik pengetahuan guru tentang manajemen kelas, akan makin tinggi kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas. Sebaliknya makin kurang baik pengetahuan guru tentang manajemen kelas, akan mengakibatkan makin rendah kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas. Kedua, terdapat korelasi positif antara komitmen guru terhadap tugas dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas sebesar 0,78. Hal berarti bahwa makin baik komitmen guru terhadap tugas, akan mengakibatkan makin tinggi kemampuan guru melaksanakan manajemen 9 kelas. Sebaliknya makin tidak baik komitmen guru terhadap tugas, akan mengakibatkan makin rendahnya kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas. Ketiga, terdapat korelasi positif antara pengetahuan guru tentang manajemen kelas dan komitmen guru terhadap tugas secara bersama-sama dengan kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas sebesar 0,89. Hal ini bararti bahwa makin baik pengetahuan guru tentang manajemen kelas dan makin baik komitmen guru terhadap tugas, maka makin tinggi kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas. Sebaliknya makin rendah pengetahuan guru tentang manajemen kelas dan makin tidak baik komitmen guru terhadap tugas akan mengakibatkan rendahnya kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat korelasi yang positif antara pengetahuan guru tentang manajemen kelas dan komitmen guru terhadap tugas terhadap kemampuan guru melaksanakan manajemen kelas baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Saran dalam penelitian ini adalah: Pertama, Guru-guru dapat meningkatkan pengetahuan manajemen kelas dengan mempelajari manajemen kelas melalui berbagai cara, antara lain melalui buku, membuka situs internet, mengikuti pendidikan dan pelatihan dan sebagainya. Untuk itu, diperlukan juga dukungan dari berbagai pihak antara lain kepala sekolah dan juga dinas pendidikan nasional untuk memberikan berbagai fasilitas yang 10 dapat digunakan oleh guru dalam rangka meningkatkan pengetahuannya mengenai manajemen kelas. Kedua, agar guru dapat meningkatkan komitmennya terhadap tugas dengan memiliki orientasi nilai yang baik terhadap pekerjaannya sebagai guru, bahwa guru merupakan pekerjaan yang mulia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 04 Dec 2013 16:11
Last Modified: 04 Dec 2013 16:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item