PENERAPAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE TUTORIAL SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH)

Sistri, Pami and Susanta, Agus and Rusdi, Rusdi (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE TUTORIAL SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-PAM-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (231kB)
[img] Text
IV,V-PAM-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui penerapan tutor teman sebaya pada pembelajaran remedial untuk mata pelajaran matematika. 2) Mengetahui apakah penerapan pembelajaran remedial dengan metode tutorial sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, 3) mengetahui keaktifan siswa pada pembelajaran remedial dengan metode tutorial sebaya, 4) mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran remedial dengan metode tutorial sebaya pada pembelajaran matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Bengkulu Tahun Ajaran 2006/2007 yang mempunyai hasil belajar rendah (belum tuntas belajar). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian tindakan kelas menurut Kasbolah. Langkah-langkah penelitian merupakan kegiatan berulang yang terdiri dari perencanaan tindakan → pelaksanaan tindakan → observasi → refleksi → rencana tindakan selanjutnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi (lembar observasi pembelajaran dan lembar aktivitas siswa tiap kelompok), dan angket. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah melakukan pembalajaran remedial dengan metode tutorial sebaya. Observasi dilakukan untuk mengetahui kegiatan dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran yang dilakuan oleh pengamat dan peneliti pada setiap siklusnya. Sedangkan data respon siswa terhadap pembelajaran remedial dengan metode tutorial sebaya diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa. Penerapan tutor teman sebaya pada pembelajaran remedial untuk mata pelajaran matematika dilakukan dengan menentukan tutor, membentuk kelompok, dan memberikan tindakan pada tutor untuk persiapan materi yang akan diremedialkan, berupa tutor diminta belajar sendiri pada siklus I, tutor diberi bimbingan oleh peneliti tentang materi yang diremedialkan, dan tutor diberi LKS pada siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran remedial dengan metode tutorial sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pada keadaan awal 3,79 dengan ketuntasan 0 %, pada siklus I sebesar 5,58 dengan persentase ketuntasan belajar 36,36 %, pada siklus II sebasar 6,05 dengan persentase ketuntasan 64,29 %, dan pada siklus III sebesar 7,07 dengan persentase ketutasan 80%. Keaktifan siswa dalam kelompok pada pembelajaran remedial dengan metode tutorial sebaya meningkat pada setiap siklusnya, pada siklus I dari 11 kelompok, ada 4 kelompok yang aktif (36,36 %), pada siklus II dari 7 kelompok, ada 4 kelompok yang aktif (54,55 %), dan pada siklus III dari 5 kelompok, semua kelompok aktif (100 %). Hasil analisis angket menunjukkan bahwa persentase siswa yang merespon positif sebesar 83,36% pada siklus I, 92,86% pada siklus II, dan 100% pada siklus III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 04 Dec 2013 17:21
Last Modified: 04 Dec 2013 17:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item