ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PEMASARAN SUSU SAPI PADA USAHA SAPI PERAH DI KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Gusfarina , Defira Suci and Sriyoto, Sriyoto and Sri, Sugiarti (2007) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PEMASARAN SUSU SAPI PADA USAHA SAPI PERAH DI KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text
I,II,III-DEF-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-DEF-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan sub sektor peternakan merupakan bagian dari pembangunan sektor pertanian yang memiliki nilai strategis. Besarnya potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia memungkinkan pengembangan sub sektor peternakan sehingga menjadi sumber pertumbuhan baru perekonomian Indonesia. Salah satu jenis usaha peternakan yang potensial untuk terus dipacu perkembangannnya adalah usaha ternak sapi perah. Saat ini produksi dalam negeri baru bisa memasok tidak lebih dari 30 % dari permintaan nasional, sisanya 70 % berasal dari Impor. Permasalahan yang dijumpai di lapangan sangat kompleks mulai dari produk susu yang tidak tahan lama hingga permasalahan yang paling mendasar bagi peternak adalah pemasaran. Sentra pengembangan usaha ternak sapi perah di Propinsi Bengkulu di Kabupaten Rejang Lebong tepatnya di Kecamatan Selupu Rejang memiliki masalah yang sama, namun untuk mengatasi masalah tersebut telah berdiri dua Industri Pengolahan Susu (IPS) dalam skala kecil dan diharapkan mampu menampung hasil produksi peternak. Oleh karena itu, produk olahan dari Industri Pengolahan Susu merupakan kegiatan yang menarik untuk diteliti baik nilai tambah maupun pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui besarnya nilai tambah dari pengolahan susu sapi perah menjadi susu pasteurisasi dan instan susu jahe; 2) untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran dan marjin pemasaran susu sapi perah di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada periode Juli sampai Agustus 2006. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja, responden dalam penelitian ini adalah peternak sapi perah sebanyak 23 orang, untuk lembaga pemasaran 2 orang pedagang pengumpul dan 2 lembaga pengolah yang diambil secara sensus. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif untuk gambaran umum lokasi dan bentuk saluran pemasaran sedangkan analisis kuantitatif untuk nilai tambah digunakan metode Hayami dan marjin pemasaran menggunakan harga ditingkat peternak dan harga ditingkat konsumen. Hasil analisis data menunjukkan nilai tambah untuk susu sapi perah menjadi susu Pasteurisasi adalah Rp 3.949,18/liter bahan baku dan menjadi instan susu jahe sebesar Rp 12.762,50/liter bahan baku. Ada dua saluran pemasaran untuk susu sapi perah, yaitu : (1) Peternak – Pengumpul I – Perusahaan Susu Fadhil Jaya – Pengecer – Konsumen ; (2) Peternak – Pengumpul II – KOICA Milk Shop – Konsumen, marjin pemasaran susu Pasteurisasi pada saluran I adalah sebesar Rp 6.292,00 pada saluran II sebesar Rp 6.600,00 dari harga yang dibayar konsumen dan marjin pemasaran instan susu jahe pada saluran I dan II adalah sebesar Rp 34.600,00.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 013 Rizky Septika Utami
Date Deposited: 04 Dec 2013 18:00
Last Modified: 04 Dec 2013 18:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item