Keterampilan Menulis Siswa Meningkatkan 'Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) Metode Pengajaran (Sebuah studi eksperimental di SMKN 1 Kota Bengkulu)

Heri yani, Marista and Safnil, Safnil and Barnabas , Sembiring (2009) Keterampilan Menulis Siswa Meningkatkan 'Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) Metode Pengajaran (Sebuah studi eksperimental di SMKN 1 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Pelatihan dan Pendidikan Guru UNIB.

[img] Text
MARSITA HERI YANI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada/tidaknya pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode mengajar belajar melalui proyek. Penelitian ini adalah penelitian kuasi-experimen yang melibatkan dua kelas yaitu kelas experiment dan kelas pembanding. Populasi adalah seluruh siswa kelas dua SMKN Kota Bengkulu, tahun ajaran 2009/2010. Kelompok experimen diberikan perlakuan dengan menerapkan teknik mengajar belajar melaui proyek. Sementara untuk kelas pembanding menggunakan teknik yang biasa diajarakan atau traditional. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan teknik mengajar belajar melalui proyek dalam menulis. Hal tersebut dapat dilihat melalui hasil dari pre-test and post-test. Pada kelas experimen nilai rata-rata siswa adalah 60.61, sedangkan untuk post-test nilai rata-rata siswa adalah 69.54, dan nilai rata-rata tersebut meningkat 8.93. sedangkan untuk kelas pembanding nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 59.50, sedangkan untuk post-test nilai rata-rata siswa adalah 62.55, nilai tersebut naik 3.05. Kenaikan pada kelas experimen lebih tinggi dibandingkan kelas pembanding. Hal tersebut juga dapat disimpulkan melalui analisis ratarata, (t 0 2.95 > t 2.00). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode mengajar belajar melalui proyek mempunyai pengaruh positive dalam menulis. S

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 00:32
Last Modified: 05 Dec 2013 00:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item