STRATEGI UNTUK MEMPERKENALKAN Sebuah PELAJARAN BARU BEKAS OLEH GURU BAHASA INGGRIS DI SMKN 3 KOTA BENGKULU

Saputra, Prima and Rudi , Afriazi and Elfrida, Elfrida (2009) STRATEGI UNTUK MEMPERKENALKAN Sebuah PELAJARAN BARU BEKAS OLEH GURU BAHASA INGGRIS DI SMKN 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Pelatihan dan Pendidikan Guru UNIB.

[img] Text
PRIMA AMURA SAPUTRA FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul strategi guru dalam memperkenalkan pelajaran baru di SMKN 3 Kota Bengkulu bertujuan untuk menganalisa kesempatan guru dalam membuka pelajaran dan strategi yang dominan yang digunakan oleh guru. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Inggris yang telah mendedikasikan diri mereka lebih dari 5 (lima) tahun mengajar di SMKN 3 kota Bengkulu. Ada tiga guru yang telah mengajar lebih dari lima tahun Data yang diperoleh melalui observasi sebanyak 7 (tujuh) kali pertemuan dengan menggunakan ceklis yang terdiri dari 9 item observasi dan direkam dengan alat video recorder selama +15 menit menggunakan kamera digital. Setiap observasi dilakukan oleh peneliti dan dibantu oleh peneliti pendamping. Untuk mengetahui korelasi antara peneliti dan peneliti pendamping, peneliti menggunakan rumus koefisien korelasi yang disebut Korelasi Pearson Product Moment dan menggunakan rumusan presentase seperti yang disarankan Arikunto dalam menghitung kegiatan guru yang dominan dan menentukan persentasi membuka pelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan guru telah mengaplikasikan teknik seperti yang dipaparkan oleh Bronson. Hal ini digambarkan dengan beberapa kegiatan yang sering dilakukan guru Seperti mengaitkan berita actual dengan pelajaran (61.9%), topic yang hangat di masyarakat (76%), menghubungkan pelajaran yang akan dipelajari dengan pelajaran sebelumnya (85%), menggunakan garis besar pelajaran yang jelas (61.9%), membahas pekerjaan rumh (71%)). Sedangkan aktivitas yang dilakukan oleh guru lainnya adalah menentukan tujuan dari topik pelajaran dan memberitahu tujuan dari setiap topic pelajaran (33%), memberitahukan kepada siswa alas an mereka harus mempelajari topic tertentu (23%), menggunakan cerita dan gambar (38%),dan menggunakan alat peraga (23%)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 00:46
Last Modified: 05 Dec 2013 00:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item