ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GRAMOXONE SEGMEN PETANI LAHAN SAWAH DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Saputra, Fangki Isha and Redy , Badrudin and Sriyoto, Sriyoto (2007) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GRAMOXONE SEGMEN PETANI LAHAN SAWAH DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text
I,II,III-FAN-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V,VI-FAN-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

PT Syngenta perwakilan Bengkulu adalah perusahaan agroindustri hulu yang menyalurkan herbisida di Bengkulu. Salah satu produk andalannya di daerah Kabupaten Bengkulu Selatan adalah herbisida merek Gramoxone. Persaingan dalam bidang usaha yang terbuka merupakan suatu yang wajib terjadi dan akan dialami oleh suatu perusahan. Demikian pula PT Syngenta perwakilan Bengkulu menghadapi persaingan dunia usaha, untuk mencapai target pemasaran yang ada di daerah Kabupaten Bengkulu Selatan maka PT Syngenta perwakilan Bengkulu harus mempunyai strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang diterapkan oleh PT Syngenta perwakilan Bengkulu dan menyusun strategi bauran pemasaran herbisida Gramoxone kedepan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di PT Syngenta perwakilan Bengkulu pada daerah Kabupaten Bengkulu Selatan dengan sengaja. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan populasi adalah petani lahan sawah dengan metode pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Sampel yang diambil berjumlah 96 orang. di Kecamatan Kedurang 48 orang dan di Kecamatan Seginim 48 orang. Metode analisa data adalah menggunakan analisis deskriptif untuk penentuan strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada PT Syngenta perwakilan Bengkulu yang telah dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan adalah kemasan 1 liter dan 20 liter. Harga Gramoxone untuk ukuran 1 liter harga Rp. 40.000 dan ukuran 20 liter 790. 000 harga. Penggunaan radio spot, pemberian hadiah pada promosi penjualan dipasar/ pekan, insentif 1-1,5 % untuk toko retailer, demplot, temu tani, roadshow. Distribusi dengan penunjukkan kontrak distributor, pemberian diskon tertentu terhadap distrubutor dan penghargaan terhadap distributor. Strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada PT Syngenta perwakilan Bengkulu di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan adalah Gramoxone kemasan 1 liter yang ada dipertahankan dan memperhatikan atribut daya berantas dan keunggulan. Harga Gramoxone dipertahankan dengan memperkuat penjelasan akan nilai manfaat produk terhadap harga dan beri kompensasi. Peningkatkan promosi dengan cara, perbanyak jam siar iklan di radio (RRI), perbanyak penyebaran brosur, leaflet dan sejenisnya. Memberikan potongan tunai, pemberian hadiah langsung. Pengaktifan petugas lapangan, temu tani, farm-to farm, pelatihan dan pembinaan petani, roadshow, pemberian beasiswa, sponsor kegiatan olahraga, peberian penghargaan petani teladan. Promosi penjualan lebih banyak difokuskan ke wilyah non ibukota dan pasar. Memperkuat hubungan dengan retailer dan distributor serta pemberian insentif dan penempatan produk yang tepat diretailer.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 013 Rizky Septika Utami
Date Deposited: 05 Dec 2013 08:59
Last Modified: 05 Dec 2013 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item