OPTIMALITAS PELAYANAN PENERIMA BAHAN BAKU KARET PADA PT. BATANGHARI BENGKULU PRATAMA, APLIKASI TEORI ANTRIAN

Manurung, Rio Jojor and Andi, Irawan and Satria, Putra Utama (2007) OPTIMALITAS PELAYANAN PENERIMA BAHAN BAKU KARET PADA PT. BATANGHARI BENGKULU PRATAMA, APLIKASI TEORI ANTRIAN. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text
I,II,III-JOJ-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (259kB)
[img] Text
IV,V,VI-JOJ-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (87kB)

Abstract

Permasalahan yang sering timbul pada bagian pelayanan penerima bahan baku karet pada PT. Batanghari Bengkulu Pratama saat ini adalah ketidakseimbangan antara jumlah unit pelayanan yang tersedia dengan jumlah mobil karet yang datang. Dimana ketika periode sibuk dan frekwensi kedatangan mobil karet yang tinggi maka akan mengakibatkan waktu tunggu para mobil karet yang relatif lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan yang Optimal dalam melayani para mobil karet. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teori antrian multi channel single phase dengan rumus matematis. Analisis dimulai dengan menyusun data tingkat kedatangan mobil karet kedalam tabel sehingga dapat dihitung tingkat kedatangan rata-rata mobil karet sehingga dapat diketahui tingkat pelayanan rata-rata per periode waktu. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung besarnya nilai -nilai yang diperlukan dengan berbagai alternatif jumlah unit pelayanan yaitu bahwa jumlah unit pelayanan yang ada sebanyak 3 unit, mengurangi jumlah unit pelayanan dan menambah jumlah unit pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedatangan mobil karet sebanyak 6.02 unit per jam dengan tingkat pelayanan sebanyak 7 unit per jam. Biaya fasilitas pelayanan per mobil karet sebesar Rp 5.108,1344 per hari dan biaya menunggu sebesar Rp 30.807,0121. hasil analisis antrian menunjukkan bahwa jumlah unit pelayanan bahan baku karet sudah optimal yaitu sebanyak 3 unit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 013 Rizky Septika Utami
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:17
Last Modified: 05 Dec 2013 10:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3383

Actions (login required)

View Item View Item