PENGARUH PENYAJIAN CERITA DAN CONTOH DI LINGKUNGAN PADA TAHAP AWAL PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 TALANG EMPAT

Anggraini, Kartika and Aryulina, Diah and Saparahayuningsih, Sri (2007) PENGARUH PENYAJIAN CERITA DAN CONTOH DI LINGKUNGAN PADA TAHAP AWAL PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 1 TALANG EMPAT. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-KAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (910kB)
[img] Text
IV,V-KAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (910kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengungkapkan ada atau tidak adanya pengaruh penyajian cerita dan contoh di lingkungan pada awal pembelajaran biologi terhadap motivasi belajar siswa SMPN 1 Talang Empat. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi. Rancangan penelitian adalah rancangan statis dengan dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Talang Empat tahun ajaran 2006/ 2007. Sampel dari populasi dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposif yakni kelas VIIC dan VIID. Dari dua kelas tersebut, kelas VIID menjadi kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIC menjadi kelas kontrol, dipilih melalui undian. Variabel bebas pada penelitian ini adalah teknik pembelajaran pada kegiatan awal pembelajaran dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar siswa dengan bentuk terstruktur/ tertutup. Hasil uji normalitas pada penelitian ini adalah X 2 hitung = 22,87 dan X 2 tabel = 11,07, hasil ini menunjukkan X 2 2 hitung>X tabel, berarti data tidak berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas pada penelitian ini F hitung = 1,09 dan F tabel = 1,72, menunjukkan F hitung < F tabel, berarti data bersifat homogen. Dengan data yang homogen namun tidak berdistribusi normal dilakukan pengujian hipotesis dengan uji U. Hasil pengujian hipotesis dengan uji U, diperoleh nilai p=0,0003 dengan α =0,05, berarti p<α , berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyajian cerita dan contoh di lingkungan siswa pada awal pembelajaran biologi berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMPN 1 Talang Empat. Dengan kata lain, motivasi belajar siswa yang memperoleh penyajian cerita dan contoh di lingkungan pada awal pembelajaran biologi lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang tidak memperoleh penyajian cerita dan contoh di lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 05 Dec 2013 13:19
Last Modified: 05 Dec 2013 13:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3444

Actions (login required)

View Item View Item