PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PENDIDIKAN (Studi di Dusun IV Suka Mulya Kecamatan Girimulya Kabupaten Bengkulu Utara)

Negoro, Sugeng Prasetyo and Hasan, Pribadi and Muh, Marwan Arwani (2007) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PENDIDIKAN (Studi di Dusun IV Suka Mulya Kecamatan Girimulya Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
I,II,III-SUG-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V-SUG-FISIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “bagaimana dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan pendidikan dasar di daerah terpencil ?”, sehingga keberlangsungan proses pendidikan tetap berjalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan pencarian data diperoleh dengan teknik wawancara mendalam, FGD, dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian dan observasi langsung kelapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Dusun IV Suka Mulya semuanya mendukung dengan adanya program pendidikan yang sedang dilaksanakan di wilayah tersebut. Adapun bentuk dukungan masyarakat yang berupa material adalah iuran wajib sekolah, bahan bangunan sekolah seperti, papan, kasau dan seng sebagai penambahan ruangan/kelas. Sedangkan yang berbentuk nonmaterial adalah ikut berpartisipasi menghadiri rapat dan memberikan motivasi guru dalam menjalankan proses pendidikan. Akan tetapi, dukungan yang berupa pemikiran maupun saran tidak banyak dilakukan secara langsung dalam artian bahwa tidak ada rasa keterbukaan antara masyarakat dengan pihak sekolah. Melainkan yang terjadi pada masyarakat adalah keengganan untuk memberikan masukan–masukan kepada pihak sekolah dan membahasnya secara bersama-sama. Karena mereka menganggap bahwa yang bisa dan yang tahu mengenai sekolah ini hanyalah dewan guru yang mengurusi sekolah ini. Dengan kata lain bahwa posisi pihak sekolah di sini lebih mendominasi. Ini berarti bahwa kurang komunikasi yang aktif antara masyarakat dengan pihak sekolah dalam memecahkan masalah-masalah yang ada. Maka pada gilirannya dikhawatirkan perubahan yang positif di sekolah ini akan jarang terjadi atau hanya jalan di tempat (stagnasi).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 015 Heppy Rosita Damanik
Date Deposited: 05 Dec 2013 16:39
Last Modified: 05 Dec 2013 16:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3477

Actions (login required)

View Item View Item