PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA 1 MAN MODEL KOTA BENGKULU

Asih Januarti, Sondang and Indra , Sakti and Dedi , Hamdani (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA 1 MAN MODEL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SONDANG ASIH JANUARTI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sondang Asih Januarti. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dengan media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Usaha dan Energi di kelas XI IPA 1 MAN MODEL Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk (1).Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif ,tipe group investigation dengan media Microsoft power point 2).Untuk mengetahui aktivitas belajar Fisika melalui Model Pembelajaran Kooperatif ,tipe group investigation dengan media Microsoft power point. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kota Bengkulu sebanyak 32 orang siswa. Data dikumpulkan dari tes, laporan, dan lembar observasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian dilakukan dalam empat tahap, yaitu : (1) Tahap perencanaan (planning), (2) Tahap pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi (observacing), (4) Tahap refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan (a) aktivitas siswa meningkat, pada siklus I skor rata-ratanya sebesar 36 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 42,5 dalam kategori baik dan siklus III sebesar 47 dalam kategori baik. (b) Hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai akhir rata-rata per siklus, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 82,5, dan ketuntasan belajar 87,50% (tuntas); siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 87,7 dan ketuntasan belajar 100% (tuntas); siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa 91,3 dan ketuntasan belajar 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 20:15
Last Modified: 05 Dec 2013 20:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3494

Actions (login required)

View Item View Item