PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PASTI PAS PADA SPBU RAWA MAKMUR BENGKULU (Studi Kasus pada Kendaraan Roda Empat Ke atas)

Susanti, Fifi and Soengkono, Soengkono (2009) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PASTI PAS PADA SPBU RAWA MAKMUR BENGKULU (Studi Kasus pada Kendaraan Roda Empat Ke atas). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
Skripsi Fifi_akhir.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (904kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas layanan PASTI PAS SPBU Rawa Makmur Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner dan data sekunder yang berupa laporan, referensi dan dokumen pada SPBU Rawa Makmur Bengkulu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pengisian bahan bakar minyak pada SPBU Rawa Makmur Bengkulu minimal 3 kali. Metode pengambilan sampel digunakan adalah accidental sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : (1) Secara umum penilaian konsumen terhadap kemampuan karyawan (operator) dalam memberikan pelayanan kepada konsumen berada pada kriteria baik yang berarti bahwa konsumen puas dengan kemampuan karyawan SPBU Rawa Makmur dalam memberikan pelayanan (nilai rata-rata 3,69); (2) Nilai rata-rata persepsi responden atas variabel peralatan SPBU Rawa Makmur sebesar 3,65. Yang berarti bahwa secara umum penilaian konsumen terhadap peralatan kerja yang ada pada SPBU Rawa Makmur Bengkulu telah dapat memuaskan konsumen; (3) Nilai rata-rata persepsi responden atas variabel fasilitas SPBU Rawa Makmur sebesar 3,58. Yang berarti bahwa secara umum penilaian konsumen terhadap fasilitas yang disediakan oleh SPBU Rawa Makmur Bengkulu telah dapat memuaskan konsumen; (4) Nilai rata-rata persepsi responden atas variabel format fisik SPBU Rawa Makmur sebesar 3,38. Yang berarti bahwa secara umum penilaian konsumen terhadap format fisik yang digunakan oleh SPBU Rawa Makmur Bengkulu cukup sesuai dengan ketentuan Pertamina., yang sekaligus menjadi ciri khas Pertamina; (5) Nilai rata-rata persepsi responden atas variabel jaminan kualitas produk yang dijual oleh SPBU Rawa Makmur sebesar 3,46. Yang berarti bahwa secara umum konsumen percaya penuh bahwa produk-produk BBM yang dijual oleh Pertamina melalui SPBU Rawa Makmur Bengkulu pas dalam takaran, pas dalam pelayanan, dan pas dalam kembalian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 20:16
Last Modified: 05 Dec 2013 20:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3495

Actions (login required)

View Item View Item