PENERAPAN PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING STRATEGY DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA

Novianti, Arvita and Fachruddin, M. and Dewi , Herawaty (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING STRATEGY DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI ARVITA NOVIANTI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Salah satu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Pondok Kelapa dengan penerapan pembelajaran Genius Learning Strategy pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan Perencanaanfi Pelaksanaan Tindakanfi Observasifi Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Pondok Kelapa semester 2 Tahun Ajaran 2008/2009, yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Instrumen Penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Lembar pengamatan aktivitas siswa, 2) Tes hasil belajar, dan 3) Angket respon siswa. Data hasil tes dianalisis nilai rata-rata, daya serap dan ketuntasan belajar klasikal. Dari hasil penelitian yang dilakukan dan diperoleh kesimpulan yaitu untuk meningkatlan keaktifan siswa dapat dilakukan dengan menciptakan suasana yang kondusif bagi siswa sebelum proses belajar mengajar dilakukan, membagi siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari maksimal 5 orang, menunjuk beberapa siswa secara acak untuk melakukan aktivasi dengan cara mendemonstrasikan kembali apa yang telah diperagakan, mempresentasikan kelompok, dan mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas secara acak, menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti, menanggapi permasalahan yang terjadi dan membuat kesimpulan. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa, yaitu: pada siklus I adalah 56,5 siklus II adalah 65 dan siklus III adalah 80,8. Dengan ketuntasan klasikal dari siklus I, siklus II hingga siklus III yaitu: 57,5%; 80%, dan 95 %

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 21:26
Last Modified: 05 Dec 2013 21:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item View Item