MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN TIPE DISKUSI TH IN K-PAIR-S H A R E POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII B SMPN 22 KOTA BENGKULU

Maspitasari, Gustiana and Dewi , Herawaty and Dewi , Rahimah (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN TIPE DISKUSI TH IN K-PAIR-S H A R E POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII B SMPN 22 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
GUSTIANA MASPITASARI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan tipe diskusi Think-Pair-Share pokok bahasan Kubus dan Balok di kelas VIII B SMPN 22 Kota Bengkulu. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan tipe diskusi ThinkPair-Share pokok bahasan Kubus dan Balok di kelas VIII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang berjumlah 37 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi : Rencana Tindakan Pelaksanaan Tindakan Observasi Refleksi Rencana Tindakan Lanjutan. Siklus akan dihentikan jika keaktifan meningkat setiap siklus, ketuntasan belajar mencapai ≥ 85 %. Pengumpulan data menggunakan lembar tes dan observasi. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan tipe diskusi ThinkPair-Share dilakukan dengan cara sebagai berikut: a) Siswa dikelompokkan secara berpasangan, berdasarkan kemampuan akademik yang berbeda b) Siswa diberi masalah/soal kontekstual, dan guru meminta siswa untuk memahami masalah tersebut secara individual c) Siswa diberi waktu dan kesempatan untuk mengerjakan masalah kontekstual pada buku siswa dengan caranya sendiri (thinking). d) Siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan jawaban yang telah diperoleh pada tahap thinking bersama dengan pasangan kelompoknya (pairing). d) Siswa diberi kesempatan untuk menunjukkan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan kelompok lain memberikan tanggapan (sharing) e) Dari hasil diskusi kelas guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan suatu rumusan konsep/prinsip dari topik yang dipelajari. 2) Pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan tipe diskusi Think-PairShare dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 6,18 siklus II 6,84 dan pada siklus III 7,78. Dengan ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I 52,8 %, Siklus II 68,5 % dan siklus III 88,5 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 21:41
Last Modified: 05 Dec 2013 21:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3531

Actions (login required)

View Item View Item