UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII.2 SMPN 3 KOTA BENGKULU MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Syafrizal, Muhammmad and Rusdi, Rusdi and Wahyu , Widada (2009) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII.2 SMPN 3 KOTA BENGKULU MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Muhammad Syafrizal FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu bagaimana upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi aljabar dikelas VII.2 SMPN 3 Kota Bengkulu melalui pembelajaran matematika realistik. Subjek penelitian adalah kelasVII.2 SMPN 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 40 orang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan alur pelaksanaan : Rencana Tindakan Pelaksanaan Tindakan Observasi Refleksi Renacana Tindakan Lanjutan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes akhir siklus dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, kemudiana temuan-temuan dideskriptifkan dalam bentuk pernyataan-pernyataan kesimpulan berdasarkan rumusan masalah. Berdasar pada data hasil penelitian diperoleh kesimpulan pembelajaran matematika reaslistik pada materi aljabar di kelas VII.2 SMPN 3 Kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, pada siklus I rata-rata hasil tes siswa 6,61 dengan kriteria aktivitas siswa berada pada kategori cukup, pada siklus II menunjukan peningkatan sebesar 0,52 dengan ratarata hasil tes 7,31 dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus III hasil tes siswa menunjukan peningkatan sebesar 0,41 dengan rata – rata hasil tes 7,54 dan kategori baik untuk aktivitas siswa. Ketuntasan belajar klasikal siswa tercapai pada siklus III dengan persentase ketuntasan 87,5 %.Pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan cara : (1) pemberian aktivitas diskusi berpasangan ( TPS ) dengan teman sebangku.disini siswa tidak hanya diarahkan untuk berpasangan, tetapi juga aktivitas berfikir dan berbagi. Siswa juga diberi tugas menyelesaikan soal-soal dalam LKS yang telah disiapkan guru sehingga aktivitas siswa dapat diarahkan pada aktivitas belajar, (2) Ketika siswa berdiskusi mengerjakan LKS guru memberikan bimbingan pada siswa yang mengalami kesulitam dalam menyelesaikan LKS, diakhir diskusi siswa diminta mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan akan ditanggapi siswa lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 21:51
Last Modified: 05 Dec 2013 21:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3535

Actions (login required)

View Item View Item