UPAYA MENGEFEKTIFKAN PEKERJAAN RUMAH DENGAN MENERAPKANPENDEKATAN TEAM-BASED LEARNING (TBL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 10 BENGKULU

Nensi, Nensi and Irsal , Idris and Dewi , Rahimah (2009) UPAYA MENGEFEKTIFKAN PEKERJAAN RUMAH DENGAN MENERAPKANPENDEKATAN TEAM-BASED LEARNING (TBL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 10 BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
N E N S I FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana cara mengefektifkan pekerjaan rumah dengan menerapkan pendekatan Team-Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 10 kelas XI IPA , (2) Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa melalui pekerjaan rumah dengan menerapkan pendekatan Team-Based Learning. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: Rencana Tindakan ⇒ Pelaksanaan 1 Tindakan ⇒ Observasi ⇒ Releksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2008/2009, yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 39 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket, dan tes. Data hasil tes dianalisis nilai rata-rata, daya serap dan ketuntasan belajar klasikal. 1 Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Upaya guru untuk mengefektifkan pekerjaan rumah adalah: (a) membahas pekerjaan rumah setelah siswa mengumpulkan pekerjaan rumah, (b) menyuruh siswa yang tidak mengumpulkan pekerjaan rumahnya untuk dikerjakan ke depan kelas, (c) memberikan waktu yang tidak terlalu singkat dan tidak terlalu lama dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya, (d) guru tidak sungkan untuk memberikan sanksi kepada siswa yang tidak mengerjakan Pekerjaan Rumanya, (e) guru melibatkan siswa yang lain agar dapat membantu temannya yang kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya dengan menerapkan kerja kelompok. (2) Siswa memberikan respon positif terhadap penerapan Team-Based Learning untuk mengefektifkan pekerjaan rumah dalam pembelajaran matematika. Pada siklus I persentase respon positif siswa sebesar 89,7%, pada siklus II sebesar 100% dan pada siklus III persentase respon siswa sebesar 100%. (3) Pembelajaran metematika dengan menerapkan pendekatan Team-Based Learning dalam upaya mengefektifkan pekerjaan rumah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa , yaitu: pada siklus I adalah 71,583, siklus II adalah 79,31 dan siklus III adalah 82,71. Dengan ketuntasan belajar siswa dari siklus I hingga siklus III, yaitu: 71,79%; 80,56% dan 89,47%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 21:55
Last Modified: 05 Dec 2013 21:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3538

Actions (login required)

View Item View Item