PENERAPAN PETA PIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 17 KOTA BENGKULU

Wahyuni , Dina and Resnani, Resnani and Daimun, Hambali (2009) PENERAPAN PETA PIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Dina Wahyuni FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan peta pikiran dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa di kelas V SDN 17 Kota Bengkulu, apakah penerapan peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa serta aktivitas siswa dan guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 17 kota Bengkulu dengan menggunakan pendekatan quantum learning dan metode peta pikiran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, dan kisaran untuk tiap kriteria.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini pada aktivitas guru,pra siklus sebesar 18 dengan kategori kurang, siklus I sebesar 31,5 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II Sebesar 38 dengan kriteria baik, dan pada siklus III meningkat menjadi 48 dengan kriteria baik sekali. Adapun aktivitas siswa pada pra siklus sebesar 18, siklus I sebesar 25,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II sebesar 36,5 dengan kriteria baik dan pada siklus III meningkat menjadi 48,5 dengan kriteria baik sekali. Hasil ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 48,71% dengan nilai ratarata 66,38 kemudian pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 71,80% dengan nilai rata-rata 72,23 dan pada siklus III persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat kembali menjadi 82,05% dengan nilai rata-rata juga meningkat yaitu 74,33. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pendekatan quantum learning dan metode peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya di kelas V SDN 17 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 05 Dec 2013 23:16
Last Modified: 05 Dec 2013 23:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3570

Actions (login required)

View Item View Item