Novyanti, Feni and Puspa , Djuwita and Sri, Irawati (2009) MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Feni Novyanti FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa dan guru pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture di kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Permasalahan dari penelitian ini yaitu (1) Aktivitas guru dan siswa yang belum menimbulkan keaktifan karena proses pembelajaran yang kurang menyenangkan, (2) Hasil belajar siswa yang masih belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 42 orang. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 31 dengan kriteria baik dan pada siklus II rata-rata skor aktivitas guru meningkat menjadi 32 dengan kriteria baik. Untuk aktifitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II rata-rata skor aktifitas siswa meningkat menjadi 29,5. Kemudian untuk hasil data tes siklus I mendapat nilai rata-rata 6,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 54,77% dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata 7,66 dengan ketuntasan belajar klasikal 90,48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran PKn khususnya di kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 23:43 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 23:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3583 |
Actions (login required)
View Item |