Verawati, Yayuk and Nirwana, Nirwana and Indra, Sakti (2009) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH MODEL SSCS (Searching, Solving, Creating, Sharing) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KONSEP CAHAYA DI KELAS VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
PDF YAYUK VERAWATI A1E005056.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009, Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII 3 SMP N 1 Kota Bengkulu pada konsep cahaya setelah pembelajaran dengan metode pemecahan masalah model SSCS. 2). Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VIII 3 SMP N 1 Kota Bengkulu pada konsep cahaya setelah pembelajaran dengan metode pemecahan masalah model SSCS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observsi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas VIII.3 yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dilihat dari hasil lembar observasi belajar siswa pada siklus I 40 dengan kategori cukup, pada siklus II 44 dengan kategori baik, dan pada siklus III 48 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I, pada aspek kognitif nilai rata-rata 67,9, daya serap 67,9 %, dan ketuntasan belajar 60 %, pada siklus II, nilai rata- rata 78,9, daya serap 78,9 %, dan ketuntasan belajar 80 %, pada siklus III, nilai rata-rata 87,6, daya serap 87,6 %, dan ketuntasan belajar 100 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 09:27 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 09:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3635 |
Actions (login required)
View Item |