Harianja, Mutia Rokhati and Fransiska, Connie and Rohadi, Nyoman (2007) UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE INKUIRI 1 PADA KONSEP GELOMBANG DAN OPTIK DI KELAS X SEMESTER DUA SMA NEGERI 1 LAIS BENGKULU UTARA (CLASSROOM ACTION RESEARCH). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
I,II,III-MUT-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (373kB) |
|
Text
IV,V-MUT-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (916kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa (Aspek kognitif, afektif, psikomotorik) dan peningkatan mutu proses pembelajaran melalui pendekatan kontekstual metode inkuiri . Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini dilakukan di kelas X 1 SMAN 1 lais Kabupaten Bengkulu Utara pada bulan April-Mei 2007 yang dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian siklus I diperoleh ketuntasan belajar kognitif 41,18% meningkat menjadi 97,06 % pada siklus II dan pada siklus III menjadi 97,06%. Mutu proses pembelajaran mengalami peningkatan dilihat dari aktivitas siswa dan guru yang berada dalam kriteria baik, serta afektif, psikomotor dan kemampuan presentasi siswa yang meningkat pada setiap siklus. Penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan kontekstual metode inkuiri dapat meningkatkan hasil dan mutu proses pembelajaran Fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 11:10 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 11:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3644 |
Actions (login required)
View Item |