UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP DINAMIKA ROTASI DENGAN PENDEKATAN “PERMASALAHAN TERBUKA” (Open Ended Problem) DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006-2007 3 Classroom Action Ressearch

Revitasari, Sandra and Indra, Sakti and Medriati , Rosane (2007) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP DINAMIKA ROTASI DENGAN PENDEKATAN “PERMASALAHAN TERBUKA” (Open Ended Problem) DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2006-2007 3 Classroom Action Ressearch. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
IV,V-SAN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text
I,II,III-SAN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa selama Pembelajaran dengan pendekatan permasalahan terbuka (Open ended problem) pada konsep dinamika rotasi dan benda tegar di kelas XI IPA3 SMA N 5 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resserch). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA3 SMA N 5 Kota Bengkulu pada tahun 2006/2007 yang berjumlah 42 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Data yang dikumpulkan pada penelitian terdiri dari: (1) Data sekunder, yakni berupa daftar nama siswa kelas XIIPA3 SMA N 5 Kota Bengkulu, dan (2) Data Primer, yakni berupa hasil tes, presentasi kelas, laporan kelompok, pekerjaan rumah, lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini yang berupa tes dianalisa dengan menggunakan nilai individu, nilai rata-rata siswa, dan kriteria ketuntasan belajar berdasarkan penilaian pada acuan patokan, dimana hasil tes diberi skor 50 %, Laporan kelompok 15 %, Presentasi 20 % dan PR 15 % sedangkan data observasi diolah secara deskriptif, analisa data dapat dengan menggunakan skala penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata 66,51 , siklus II 73,22 , siklus III yaitu 80,5. Daya serap siklus I menunjukkan nilai 66,51 %, siklus II 73,22 %, siklus III 80,5 %. Ketuntasan belajar pada siklus I menunjukkan nilai 26 %, siklus II 47,6 %, siklus III yaitu 85,7%. Sedangkan untuk aktivitas siswa skor rata-rata pada siklus I adalah 25 dengan kriteria cukup, siklus II 33 dengan kriteria baik, dan meningkat kembali pada siklus III 43,5 dengan kriteria baik. Disarankan apabila pendekatan ini dicobakan pada kelas lain untuk menitik beratkan kepada pengerjaan soal secara terbuka.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:05
Last Modified: 06 Dec 2013 12:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

View Item View Item