UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBERIAN UMPAN BALIK DAN PENGUATAN DI KELAS V SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Aprilyansyah, Feri and Wurjinem, Wurjinem and Daimun , Hambali (2009) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBERIAN UMPAN BALIK DAN PENGUATAN DI KELAS V SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Feri Aprilyansyah FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan masih rendahnya minat baca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa melalui pemberian umpan balik dan penguatan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan siklus persiklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Nergeri 17 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan lembar tes tertulis (post test). Data tes tertulis dianalisi dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, kisaran nilai untuk tiap kriteria, dan persentase hasil observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) pra siklus rata-rata nilai 64,87 ketuntasan belajar secara klaikal 41,02 % (2) siklus I dengan rata-rata nilai 66,15 ketuntasan belajar secara klasikal 53,84 % sedangkan rata-rata skor untuk aktivitas guru 225,5 rata-rata skor untuk aktivitas siswa 26 kedua aspek observasi ini termasuk kategori “cukup” (3) siklus II dengan rata-rata nilai 80,25 ketuntasan belajar secara klasikal 89,74 % sedangkan rata-rata skor untuk aktivitas guru 34,5 rata-rata skor untuk aktivitas siswa 34,5 kedua aspek ini dalam kategori “baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diambil kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa indonesia pada pokok bahasan membaca cerita rakyat melalui pemberian umpan balik dan penguatan dapat meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:04
Last Modified: 06 Dec 2013 12:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item