UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Purnomo , Joko and Nani , Yuliantini and Bakri , Joti (2009) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Joko Purnomo FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV dengan menggunakan media gambar di Sekolah Dasar Negeri 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 42 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan siklus persiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas IV Sekolah Dasar Nergeri 17 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan lembar tes tertulis ( hasil menulis siswa). Data tes tertulis dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, kisaran nilai untuk tiap kriteria, dan persentase hasil observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) siklus I dengan rata-rata nilai 68,69 ketuntasan belajar secara klasikal 57,14% sedangkan rata-rata skor untuk aktivitas guru 30 rata-rata skor untuk aktivitas siswa 27 kedua aspek observasi ini termasuk kategori ‘baik’. (2) siklus II dengan rata-rata nilai 76,11 ketuntasan belajar secara klasikal 92,85% sedangkan rata-rata skor untuk aktivitas guru 31,5 rata-rata skor untuk aktivitas siswa 29 kedua aspek ini dalam kategori ‘baik’,. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diambil kesimpulan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan menulis berdasarkan pengamatan gambar dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru Bahasa Indonesia dikelas IV untuk menggunakan media gambar sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:13
Last Modified: 06 Dec 2013 12:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3654

Actions (login required)

View Item View Item