UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KOTA BENGKULU

Asnawati , Latifah and Wurjinem, Wurjinem and Syahril , Yusuf (2009) UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Latifah Asnawati FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contexstual Teaching and Learning model Problem Based Learning untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar PKn di kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kota Benkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Yang dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu kepada ketuntasan belajar secara klasikal. Dari analisis data menunjukan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 47%. Dengan kriteria belum tuntas. Pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar 93% dengan kriteria tuntas. Pada lembar observasi aktivitas guru siklus I diperoleh nilai rata-rata 35,5dengan kriteria baik dan siklus II diperoleh rata-rata 41,5 dengan kritetia baik. Untuk lembar observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 32,5 dengan kriteria baik dan siklus II 40,5 dengan kriteria baik. Dari analisis data menunjukan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Contexstual Teaching and Learning model Problem Based Learning dapat meningkatkan berpikir kritis terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kota Bengkulu. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari meningkatnya nilai akhir siswa siklus I dengan rata-rata 71,41 dengan ketuntasan belajar klasikal 31 % meningkat menjadi ratarata 83,73 dengan ketuntasan belajar klasikal 93 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:21
Last Modified: 06 Dec 2013 12:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item View Item