MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD NEGERI NO. 07 KOTA BENGKULU

Hernaini, Tati and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2009) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD NEGERI NO. 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Tati Hernaini FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VA SD Negeri No. 07 Kota Bengkulu; dan (2) mengetahui kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VA SD Negeri No. 07 Kota Bengkulu, maka dirumuskanlah masalah penelitian ini yaitu; (1) apakah dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VA SD Negeri No. 07 Kota Bengkulu?; dan (2) apakah dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VA SD Negeri No. 07 Kota Bengkulu?. Subyek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri No. 07 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang. Pengumpulan data ini dilakukan melalui pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi dan test hasil belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh rata-rata skor observasi guru diperoleh rata-rata skor 37,5 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II dengan diperoleh rata-rata skor 40 yang masuk ke dalam kategori baik dengan rentang (32, 8 – 42). Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 30, 5 dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II dengan diperoleh rata-rata skor 33, 5 yang masuk ke dalam kategori baik dengan rentang (29 – 36). Adapun hasil tes siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67, 53 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 75, 61. Sedangkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 46, 15% mengalami peningkatan pada proses pembelajaraan pada siklus II yaitu sebesar 92, 30 %. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VA SD Negeri No. 07 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:10
Last Modified: 06 Dec 2013 13:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3675

Actions (login required)

View Item View Item