PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Wulandari, Uci and Yayan , Mulyana and Wurjinem, Wurjinem (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Uci Wulandari FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dikelas II di Sekolah Dasar Negeri 17 Kota Bengkulu melalui penerapan pendekatan Pembelajaran Tematik Teknik Think Pair Share. Rumusan masalah pada peneltian ini adalah apakah penerapan Pembelajaran Tematik Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 61 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 57 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 71,5 dengan kriteria sangat baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 68,5 dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal untuk kompetensi dasar PKn pada siklus 1 sebesar 69% dengan nilai rata-rata 7,1 Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,9. Untuk kompetensi dasar Bahasa Indonesia pada siklus 1 sebesar 71% dengan nilai rata-rata 7,0 Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,8. Untuk kompetensi dasar IPA pada siklus 1 sebesar 67% dengan nilai rata-rata 7,0 Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 80% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,0. Untuk kompetensi dasar IPS pada siklus 1 sebesar 67 % dengan nilai rata-rata 6,8, pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 80% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,3. Untuk kompetensi dasar Matematika pada siklus 1 sebesar 62 % dengan nilai rata-rata 6,5, pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 90% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Tematik Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 17 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:17
Last Modified: 06 Dec 2013 13:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item