MENI P INGKATK PENDEKA KAN HAS ATAN PE GUNAKAN DA KELA MENGG PAD SIL BELA EMBELAJ N MODEL AS IIA SD A BENGK KOTA AJAR SISW JARAN TE L KOOPE NEGERI KULU WA MELA EMATIK ERATIF 65 ALUI

Hidayat , Wahyu and Nur , Asni and Abdul, Muktadir (2009) MENI P INGKATK PENDEKA KAN HAS ATAN PE GUNAKAN DA KELA MENGG PAD SIL BELA EMBELAJ N MODEL AS IIA SD A BENGK KOTA AJAR SISW JARAN TE L KOOPE NEGERI KULU WA MELA EMATIK ERATIF 65 ALUI. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Wahyu Hidayat FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah penerapan pendekatan pembelajaran tematik dengan model kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar di kelas IIA SDN 65 Kota Bengkulu; (2) apakah penerapan pendekatan pembelajaran tematik dengan menggunakan model kooperatif dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas IIA SDN 65 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan prestasi belajar di kelas IIA SDN 65 Kota Bengkulu dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tematik model kooperatif;(2) meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas IIA SDN 65 Kota Bengkulu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran tematik menggunakan model kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIA SDN 65 Kota Bengkulu yang siswanya berjumlah 33orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Tes dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa, sedangkan observasi dilakukan untuk mengamati guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil analisis belajar siswa menunjukan nilai persentase ketuntasan belajar 71.45 % atau dengan rata-rata 7.14 pada siklus I dan 89.38 % ataudengan rata-rata 7.90 pada siklus II. Persentase tingkat keaktifan siswa yaitu dengan ratarata 3.3 dengan kategori baik pada siklus I dan rata-rata 3.95 dengan kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan pendekatan pembelajaran tematik dengan menggunakan model kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa di kelas IIA SDN 65 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 06 Dec 2013 13:32
Last Modified: 06 Dec 2013 13:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3682

Actions (login required)

View Item View Item