PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REKREATIF TEKNIK KUIS KIMIA DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMA 5 BENGKULU SELATAN

Puspita Sari, Linsi and Amrul, Bahar and Salastri, Rohiat (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REKREATIF TEKNIK KUIS KIMIA DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMA 5 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.

[img] Text
LINSI PUSPITA SARI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir kreatif siswa, hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 4 di SMA N 5 Bengkulu Selatan setelah menerapkan model pembelajaran rekreatif teknik kuis kimia dengan media powerpoint pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA 4 SMA N 5 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif, aktivitas siswa dan guru di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan model pembelajaran rekreatif teknik kuis kimia pada pokok bahasan sistem koloid dapat meningkatkan berpikir kreatif, hasil belajar, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari berpikir kreatif, aktivitas, dan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I berpikir kreatif siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 8,85 dengan kategori cukup; 9,6 dengan kategori baik pada siklus II; dan 10,1 dengan kategori baik pada siklus III. Begitu juga untuk aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 27,95 dengan kategori cukup; 29,10 dengan kategori baik pada siklus II; dan 30,25 dengan kategori baik pada siklus III. Untuk hasil belajar siswa juga meningkat dari sikjlus I hingga siklus III yaitu nilai rata- rata hasil belajar siswa dari 70,65 pada siklus I; 76,77 pada siklus II; dan 81,29 pada siklus III. Daya serap siswa secara klasikal adalah 70,65% pada siklus I; 76,77% pada siklus II; dan 81,29% pada siklus III. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 64,52% pada siklus I; 77,42% pada siklus II; dan 90,32% pada siklus III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 14:34
Last Modified: 06 Dec 2013 14:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item