PENGGUNAAN SOCIAL NETWORKING WEBSITE FACEBOOK PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA SMAN 5 KOTA BENGKULU

Sefadiyanti, Rizka and Sumpono, Sumpono and Eko, Suprijono (2009) PENGGUNAAN SOCIAL NETWORKING WEBSITE FACEBOOK PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI IPA SMAN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Rizka Sefadiyanti-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Social Networking Website Facebook pada pembelajaran kimia. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen (eksperimen research) dengan melibatkan dua kelas. Populasi dalam sample adalah siswa kelas XI IPA SMAN 5 Kota Bengkulu. Sample diambil dua kelas dengan menggunakan hasil ujian semester ganjil., melalui uji homogenitas dan normalitas diambil dua kelas sebagai sampledan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa untuk kedua kelas sampel, angket untuk kelas eksperimen dan soal postes. Untuk uji coba tes dilakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda. Selanjutnya data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan dua statistik, yaitu uji t yang digunakan untuk menganalisis perbedaan hasil postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian dialakukan pada tingkat kepercayaan 95% dan db = 23 + 32 – 1 = 54. Tahap pertama adalah dengan menghitung deviasi standar gabungan (dsg) dan dari perhitungan didapatkan dsg data = 11,8 dan thitung = 1,72. Sedangkan ttabel didapatkan t(0,95)(54)= 1,67. Sehingga didapatkan hasil thitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada tingkat keprcayaan 95% nilai postes siswa yang menggunakan facebook sebagai media pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan nilai postes siswa yang menggunakan media yang digunakan sehari-hari. Selanjutnya untuk mengetahui apakah ada korelasi antara perlakuan dan nilai postes digunakan statistik korelasi product moment, dan didapatkan nilai rhitung adalah 0,59. dan rtabel = r(0,05)(21)= 0,413. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat korelasi yang signifikan anatara respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media facebook dan nilai postesnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 23:06
Last Modified: 06 Dec 2013 23:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item View Item