Yusdalova, Wiwit and Amrul, Bahar and Hermansyah, Hermansyah (2009) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED- HEAD- TOGETHER (NHT ) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS X-1 SMAN 1 LEBONG UTARA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
WIWIT YUSDALOVA-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X-I SMA Negeri 1 Lebong Utara tahun ajaran 2008/2009, dengan tujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran kimia pokok bahasan Reaksi Redoks dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) melalui metode Problem Solving di kelas X-1 SMAN 1 Lebong Utara, (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas X-1 SMAN 1 Lebong Utara dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) melalui metode Problem Solving dalam pembelajaran kimia pokok bahasan Reaksi Redoks. (3) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode Problem Solving di kelas X-1 SMAN 1 Lebong Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan data tiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa setiap siklus. Data dianalisi secara deskriptif dengan menentukan nilai rata-rata, daya serap siswa dan ketuntasan belajar. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 56,56, daya serap 56,56 %, dan ketuntasan belajar 59,37 %. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 65,93, daya serap 65,93 %, dan ketuntasan belajar 81,25%. Pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 70,31, daya serap 70,31 %, dan ketuntasan belajar 90,62 %. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 23 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh 27,5 kategori baik dan siklus III memperoleh 33 dengan kategori baik. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode Problem Solving yaitu 59,37 % atau sebanyak 19 siswa merespon sangat baik, 31,25 % atau sebanyak 10 siswa merespon baik dan yang memberikan respon cukup sebanyak 3 siswa dengan persentase 9,37%.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 23:29 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 23:29 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3768 |
Actions (login required)
View Item |