Meningkatkan Hasil Beajar Siswa melalui Penerapan Teori Belajar Bermakna dengan Menggunakan Peta Konsep di Kelas XI IA1 SMA Negeri 4 Kota Bengkulu

Izwanto, Eddy and Saleh, Haji and Fachruddin , Fachruddin (2009) Meningkatkan Hasil Beajar Siswa melalui Penerapan Teori Belajar Bermakna dengan Menggunakan Peta Konsep di Kelas XI IA1 SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
EDDY IZWANTO_A1C005009_-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotoris siswa dengan menerapkan teori belajar bermakna dengan menggunakan peta konsep di kelas XI IA1 SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI program Ilmu Alam (IA) SMA Negeri 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009 yang berlokasi di Jalan Zainul Arifin Bengkulu. Sedangkan kelas yang berfungsi sebagai subjek dari penelitian ini adalah kelas XI IA1. Data yang diperoleh peneliti analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis hasil belajar kognitif, nilai rata-rata siswa meningkat yang semula 68,14 pada siklus I meningkat menjadi 73,21 pada siklus II, dan terus meningkat hingga mencapai 79,21 pada siklus III. Sedangkan persentase keberhasilan belajar pada siklus I sebesar 69,04%, meningkat menjadi 80,95% pada siklus II, dan terus meningkat hingga mencapai 100,00% pada siklus III. Hasil analisis hasil belajar afektif diperoleh bahwa sikap positif siswa pada siklus I sebesar 88,10%, meningkat menjadi 92,86% pada siklus II, dan terus meningkat hingga mencapai 100,00% pada siklus III. Dan dari hasil analisis hasil belajar psikomotoris diperoleh bahwa keaktifan siswa meningkat dari kriteria cukup pada siklus I, meningkat menjadi baik pada siklus II dan III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 23:41
Last Modified: 06 Dec 2013 23:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3774

Actions (login required)

View Item View Item