Apriliawati, Elda and Zamzaili , Zamzaili and Wahyu, Widada (2009) Penerapan Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan Teknik Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 17 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
ELDA APRILAWATI-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Connected Mathematics Project (CMP) dengan teknik Think-Pair-Share (TPS) di kelas VIIB SMP N 17 Kota Bengkulu. (2) Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Connected Mathematics Project (CMP) dengan teknik Think- Pair-Share (TPS) di SMP N 17 Kota Bengkulu. (3) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran Connected Mathematics Project dengan teknik Think- Pair-Share. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: Rencana Tindakan ⇒ Pelaksanaan Tindakan ⇒ Observasi ⇒ Releksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.B SMP Negeri 17 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2008/2009, yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Adapun Instrumen Penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru, 2) Lembar pengamatan aktivitas guru, 3) Tes hasil belajar, dan 4) Angket respon siswa. Data hasil tes dianalisis nilai rata-rata, daya serap dan ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan teknik Think-Pair-Share (TPS) dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: a) Siswa dikelompokkan secara berpasangan berdasarkan kemampuan akademik yang berbeda, b) Setiap kelompok diminta bekerja sama untuk menyelesaikan beberapa masalah pada LKS (Explore dan Pairing). c) Guru mengawasi dan membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah, serta memberikan motivasi kepada siswa dengan menjajikan nilai tambahan bagi siswa yang aktif. d) Guru memanggil beberapa kelompok secara acak untuk mempersentasikan hasil kerja kelompoknya mengenai pemecahan masalah pada LKS (Share dan summarize). 2) Siswa memberikan respon sangat baik terhadap pelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan teknik tipe Think-Pair-Share (TPS). Hal ini terlihat dari hasil perhitungan angket respon siswa, yang menyatakan 100% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan teknik Think-Pair-Share (TPS). 3) Penerapan pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan teknik Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 53,09 sedangkan pada siklus II, 67,29 dan pada siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 68,54. Dengan ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 61,76%; 83,33%, dan 97,22 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 23:49 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 23:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3776 |
Actions (login required)
View Item |