Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bengkulu,

Ramadhany, Ferli and Irsal, Idris and Saleh, Haji (2009) Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bengkulu,. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
FERLI RAMADHANY-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kontekstual dan apakah ketuntasan belajar matematika siswa meningkat setelah diterapkan pembelajaran kontekstual. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 8 Bengkulu yang berjumlah 31 orang siswa. Jenis penelitian adalah PTK dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi : Rencana Tindakan Pelaksanaan Tindakan Observasi Refleksi Rencana Tindakan Lanjutan. Siklus akan dihentikan jika skor motivasi ≥2,0 mencapai ≥80% dan ketuntasan belajar mencapai ≥80%. Pengumpulan data menggunakan lembar tes dan angket. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu dengan cara : a) Di awal pembelajaran guru mengajak siswa berpikir mengenai benda-benda nyata yang berhubungan dengan materi pelajaran, b) Membagi siswa dalam beberapa kelompok belajar, c) Presentasi hasil diskusi, d) Tanya jawab. Pada siklus I rata-rata skor motivasi belajar siswa 2,31 dan siswa yang memperoleh skor motivasi ≥2,0 adalah 90,32%, pada siklus II rata-rata skor motivasi belajar siswa 2,4 dan siswa yang memperoleh skor motivasi ≥2,0 adalah 90,32%, pada siklus III rata-rata skor motivasi belajar siswa 2,47 dan siswa yang memperoleh skor motivasi ≥2,0 adalah 96,77%. Ketuntasan belajar klasikal meningkat pada tiap siklus. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I 61,3% dengan rata-rata 67,1, Siklus II 74,2% dengan rata-rata 65,81, dan siklus III 83,87% dengan rata- rata 65,94

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 23:55
Last Modified: 06 Dec 2013 23:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3780

Actions (login required)

View Item View Item