STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TUTOR UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C PADA PKBM DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU

Sribulan Arimas, Asep Tula and Sudarwan, Danim and Rufran, Zulkarnain (2009) STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TUTOR UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C PADA PKBM DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Asep Tula Sri Bulan Arimas-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Tutor Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Warga Belajar Program Paket C Pada PKBM di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu Penelitian ini bertujuan untuk a). Mengetahui bagaimana strategi kontruktivisme tutor dalam menyampaikan materi kepada warga belajar Paket C. b). Mengetahui efikasi diri warga belajar Paket C terhadap strategi belajar yang diberikan oleh tutor. c). Mengetahui hubungan positif antara penerapan strategi konstruktivisme dengan efikasi warga belajar Paket C. Dalam pengolahan data digunakan metode deskriptif kuantitatif dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini lebih banyak menggunakan angket, sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan sebagai penunjang untuk memperoleh data. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah tabulasi data menggunakan skala penilaian. Analisis data yang digunakan adalah rumus rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran konstruktivisme efektif di gunakan di PKBM Angrek, Infotama, Widek dan Andraguta. Efikasi diri warga belajar yang ditimbulkan oleh strategi pembelajaran konstruktivisme adalah tinggi dan efikasi diri tersebut sangat dipengaruhi oleh strategi pembelajaran konstrutivisme. Pembelajaran konstruktivisme adalah metode pembelajaran dimana peserta didik membangun pengetahuannya dari dirinya sendiri.(Ruseffendi,1988:132) Dalam metode ini peserta didik telah mempunyai ide tersendiri tentang suatu konsep yang belum di pelajari, ide tersebut mungkin benar atau tidak. Metode pembelajaran konstruktivisme memerlukan tutor untuk membetulkan konsep yang ada pada peserta didik atau untuk membentuk konsep baru.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 00:35
Last Modified: 07 Dec 2013 00:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3797

Actions (login required)

View Item View Item