UPAYA KEPALA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PAMONG BELAJAR DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG

Suryawinati, Doni and Yayan, Mulyana and Izzudin, Izzudin (2009) UPAYA KEPALA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PAMONG BELAJAR DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi DONI SURYAWINATA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dalam Meningkatkan Kinerja Pamong Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong” Penelitian ini dilatar belakangi oleh tugas Pamong Belajar sebagai penyelenggara pembelajaran masyarakat yang secara umum tugas pokok Pamong Belajar yaitu melaksanakan kegiatan belajar mengajar, mengembangkan model, dan melaksankan penilaian dalam rangka pengendalian mutu PNF. Dengan tugas ini, Pamong Belajar SKB harus bekerja lebih ulet secara profesional dengan memanfaatkan waktu kerja seefisien mungkin. Namun dengan keterbatasan kemampuan profesional dan banyaknya hambatan yang ditemukan dalam melaksanakan tugasnya mereka kurang berhasil melaksanakan tugas (Kemma, dkk.1995). Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan Kepala SKB dalam meningkatkan kinerja Pamong Belajar di SKB Kota Curup Kab. Rejang Lebong. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan Kepala SKB dalam meningkatkan kinerja Pamong Belajar di SKB Kota Curup Kab. Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala SKB Kota Curup Kab. Rejang Lebong. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) Upaya yang dilakukan Kepala SKB yaitu dengan membuatkan jadwal mengajar secara rutin setiap minggu dengan memonitoring kegiatan secara berkala.(2) Membimbing, memonitoring, semua yang dilaksanakan atau direncanakan oleh Pamong Belajar dan mengingatkan Pamong untuk selalu menyerahkan laporan hasil kegiatan.(3) Dengan cara membahas kemungkinan hambatan yang akan dihadapi dengan memberi masukan dalam mengidentifikasi hambatan apa yang mungkin akan muncul dalam rapat yang diselenggarakan setiap bulan. (4) Dengan memanggil seluruh Pamong Belajar untuk sharing atau berdiskusi dalam menyelesaikan hambatan yang dihadapi dalam sebuah kegiatan.(5) Pamong Belajar ditugaskan menyusun pedoman kegiatan belajar mengajar sendiri dengan mengikuti kerangka pedoman yang dibuat dari pusat. (6) Mengikutsertakan Pamong Belajar yang ada di SKB untuk mengikuti pelatihan-pelatihan. (7) Dalam mengembangkan model pembelajaran upaya yang dilakukan Kepala SKB adalah dengan memberikan kebebasan kepada para Pamong untuk berkarya, menerapkan dan menggunakan model pembelajaran apa yang mereka kehendaki. (8) Upaya yang dilakukan Kepala SKB agar Pamong Belajar mampu melaksanakan penilaian dalam rangka pengendalian mutu PNF dengan cara melibatkan seluruh Pamong Belajar untuk mengikuti petunjuk yang tertera dalam peningkatan mutu Pendidik Tenaga Kependidikan Non Formal (PTK-PNF) dari pusat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 00:48
Last Modified: 07 Dec 2013 00:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3805

Actions (login required)

View Item View Item