UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PADA PELATIHAN MENJAHIT DI BALAI PENGEMBANGAN ANAK DAN REMAJA “HARAPAN” BENGKULU.

Jjurnia Ningsi, Fitri and Riyanto, Riyanto and Izzudin, Izzudin (2009) UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PADA PELATIHAN MENJAHIT DI BALAI PENGEMBANGAN ANAK DAN REMAJA “HARAPAN” BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
FITRI JUNIA NINGSI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimanakah motivasi warga belajar dalam mengikuti pelatihan menjahit. (2) untuk mengetahui upaya tutor pelatihan menjahit dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar pada Balai Pengembangan Anak dan Remaja Harapan Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, Wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah warga belajar pelatihan menjahit di Balai Pengembangan Anak dan Remaja “Harapan” Bengkulu berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil dan pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa rerata skor motivasi belajar warga belajar pada pelatihan menjahit yaitu 68 dengan kategori cukup. Upaya yang dilakukan oleh tutor adalah mememerhatikan kehadiran warga belajar, menjelaskan tujuan, memberikan penghargaan, mengetahui hasil pekerjaan, menjelaskan sesuatu yang baru dan bertentangan, mendorong meraih sukses, memberi kesempatan untuk mempraktekan sendiri, menghubungkan antar materi, menggunakan metode simulasi, pemberian tugas secara berkelompok, menciptakan situasi akademis, memperbanyak simulasi dengan banyak diskusi baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Berdasarkan kesimpulan tersebut, tutor harus berusaha untuk selalu meningkatkan motivasi warga belajar baik di dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran dengan tetap mempertahankan hubungan yang harmonis dengan warga belajar, dan terus melatih sikap kemandirian warga belajar dalam proses pembelajarannya..

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 00:58
Last Modified: 07 Dec 2013 00:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3809

Actions (login required)

View Item View Item