PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED-HEAD-TOGETHER (NHT) SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPERBAIKI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA3 SMAN 1 KOTA BENGKULU

Waspo Anggraini, Sekar and Bhakti, Karyadi and Abas, Abas (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED-HEAD-TOGETHER (NHT) SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPERBAIKI PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA3 SMAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.

[img] Text
SEKAR WASPO ANGGRAINI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Biologi dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPA3 SMAN 1 Kota Bengkulu melalui Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan Sistem Gerak Pada Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing- masing siklus terdiri dari tahap-tahap: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan dan Observasi, 3) Evaluasi, 4) Refleksi. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes, lembar observasi terdiri dari lembar observasi guru dan siswa. Lembar observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Sedangkan lembar tes dianalisis dengan menggunakan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata skor observasi guru adalah 29,5 yang termasuk dalam kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 23 yang termasuk dalam kriteria cukup, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan, dimana rata-rata skor observasi guru adalah 35 dengan kriteria yang sama yaitu masih dalam kriteria baik dan rata-rata observasi siswa adalah 30,5 dengan kriteria baik. Dan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 64,51% dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 90,32% dengan kriteria tuntas. Dari hasil analisa data tersebut menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA3 SMAN 1 Kota Bengkulu khususnya pada pokok bahasan Sistem Gerak Pada Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 07 Dec 2013 02:08
Last Modified: 07 Dec 2013 02:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3825

Actions (login required)

View Item View Item