PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) DI SDN 1 KOTA BENGKULU”

Maradona , Fedi and Achmad , Aminudin and Sugeng, Suharto (2009) PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) DI SDN 1 KOTA BENGKULU”. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

[img] Text
Skripsi Fedi Maradona FE-2-.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembangunan di suatu negara. Sekolah yang merupakan sarana utama untuk meningkatkan pendidikan, dikatakan bertaraf internasional apabila sekolah tersebut memiliki proses belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta pro perubahan, yaitu proses belajar mengajar yang menekankan pengembangan daya kreasi, inovasi, dan eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan atau ide-ide baru yang belum pernah ada. Adapun landasan hukum dari Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) adalah: UU No. 20 Thn 2003 Pasal 50 Ayat 3, PP No 19 Tahun 2005 Pasal 61 ayat 1, dan Renstra Depdiknas 2005-2009 Bab V hal 58. Kepala sekolah selaku pimpinan merupakan aspek penentu bagi pengembangan dan peningkatan mutu sekolah dan pendidikannya . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai peranan kepala sekolah dalam pengelolaan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SDN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dimana peneliti berusaha menggambarkan kondisi objektifitas dari objek penelitian. Penelitian ini tidak menggunakan hipotesa atau menguji hipotesa, akan tetapi hanya berupa informasi yang ada sesuai dengan variabel-variabel yang diteliti. Proses analisa data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu dari wawancara, pengamatan (observasi), dokumen resmi, dan foto. Sedangkan sasaran penelitian (populasi) ditentukan dengan cara purposive sampling yaitu ditentukan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan penelitian. Jumlah populasi yang dijadikan sampel adalah 10 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru tetap, guru tidak tetap dan pegawai yang ada di SBI. Penelitian ini menemukan kenyataan dilapangan sebagai berikut: peranan kepala dalam pengelolaan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SD Negeri 1 Kota Bengkulu sudah berjalan baik, hal ini terlihat dari: 1). Peningkatan Mutu Pendidikan, yaitu melalui melakukan kerjasama dengan tim pengembang (Kepala Sekolah, Guru, Tenaga administrasi siswa, komite sekolah serta Stakeholder), meningkatkan kualitas guru, dan menerapkan manajemen terpadu. 2) Ketenagaan di SBI, yaitu melalui perencanaan pegawai dalam kegiatan untuk menentukan kebutuhan pegawai, memfungsikan pengorganisasian sekolah dalam melihat kemampuan dan karakteristik guru serta staf lainnya sehingga dapat menempatkan mereka (guru) pada posisi yang tepat dan melakukan rekruitmen untuk mengisi kekurangan tenaga pendidik. 3) Penyelenggaraan Fasilitas, yaitu telah memperbanyak dan meningkatkan kualitas ruang belajar, pengadaan ruang kantor, pengadaan sarana olah raga, serta pengadaan alat-alat dan media pengajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 08 Dec 2013 09:57
Last Modified: 08 Dec 2013 09:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3866

Actions (login required)

View Item View Item