KIAT-KIAT PENGELOLA PONDOK PESANTREN AL-MARJAN DALAM MENYELENGGARAKAN PROGRAM TAHFIDZ QURAN

Susilawati, Haryani and Asep, Suratman and Suardi, Jasma (2013) KIAT-KIAT PENGELOLA PONDOK PESANTREN AL-MARJAN DALAM MENYELENGGARAKAN PROGRAM TAHFIDZ QURAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-3-13-HAR-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP-3-13-HAR-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only

Download (815kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kiat-Kiat Pengelola Pondok Pesantren AlMarjan Dalam Menyelenggarakan Program Tahfidz Quran (Jalan Veteran Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu) yang bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kiat-kiat pengelola Pondok Pesantren Al-Marjan dalam merekrut tenaga pendidik Program Tahfidz Quran; (2) Mendeskripsikan kiat-kiat pengelola Pondok Pesantren Al-Marjan dalam merekrut peserta didik Program Tahfidz Quran; (3) Mendeskripsikan kiat-kiat pengelola Pondok Pesantren Al-Marjan agar pelaksanaan Program Tahfidz Quran sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan; (4) Mendeskripsikan Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Program Tahfidz Quran Pondok Pesantren Al-Marjan. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian pengelola pondok pesantren AlMarjan dan informasi pendukung dari tenaga pendidik dan peserta didik pondok pesantren Al-Marjan.Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan peneliti, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Kiat-kiat pengelola pondok pesantren Al-Marjan dalam merekrut pendidik program tahfidz Quran adalah dengan ikut serta dalam jaringan pondok pesantren penghapal Quran dan menentukan standar baku penerimaan pendidik. (2)Kiat-kiat Pengelola Pondok Pesantren Al-Marjan dalam Merekrut Peserta Didik Proram Tahfidz Quran adalah dengan melakukan sosialisasi dari masjid ke masjid, selanjutnya melakukan seleksi yang meliputi: seleksi baca Quran, seleksi administrasi dan seleksi kemandirian. (3) Kiat-kiat Pengelola Pondok Pesantren Al-Marjan agar Pelaksanaan Program Tahfidzul Quran sesuai dengan Kurikulum adalah dengan cara: menyediakan pendidik yang berkopenten dan berdedikasi tinggi, memotivasi pendidik dan peserta didik dengan memberikan penilaian dan penghargaan, melengkapi fasilitas dan kelengkapan pelaksanaan program, adanya Bapak/Ibu angkat yang mengurusi kegiatan santri sebagai pengejawantahan orang tua mereka di rumah.(4)Faktor Pendukung program Tahfidz Quran antara lain: adanya kesadaran beberapa orang dermawan untuk membantu menyediakan fasilitas pelaksanaan program tahfidz Quran, adanya usaha-usaha sampingan pondok pesantren penyokong dana operasional peserta didik, serta semangat peserta didik dalam menghapal Quran. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program Tahfidz Quran antara lain: tenaga pendidik yang sangat terbatas serta kondisi lokasi pondok pesantren kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Dec 2013 12:08
Last Modified: 09 Dec 2013 12:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item