STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SDN 74 KOTA BENGKULU

Putri , Eka Defi and Syahril , Yusuf and Sri , Ken Kustianti (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SDN 74 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-3-13-DEF-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI-3-13-DEF-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas V SDN 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 74 Kota Bengkulu dan yang menjadi sampel adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT, serta kelas VD sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan yang terpilih melalui uji homogenitas.. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan Uji-t yang dilakukan dari kedua k elas sampel den gan α = 0.05 diperoleh untuk t aspek kognitif = 2,522, t aspek afektif = 3,1008, dan t hitung hitung hitung aspek psikomotor = 1,9441, sedangkan t tabel (n 1 + n2 – 2 = 42+42 – 2 = 82) maka diperoleh t= 1,6531 berarti thitung > t sehingga H tabel 1 tabel diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pkn antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Dec 2013 13:22
Last Modified: 09 Dec 2013 13:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item View Item