Mayasari, Dhita and Sri , Dadi and Lukman, Lukman (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN IPS (PTK di Kelas VC SDN 19 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III-3-13-DHI-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,VI-3-13-DHI-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa di kelas VC SDN 19 Kota Bengkulu dengan menerapkan Model Kooperatif Tipe TPS dengan Metode Question Student Have. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan dengan menerapkan Model Kooperatif Tipe TPS dengan Metode Question Student Have dapat meningkatkan a)aktivitas pembelajaran, yang meliputi: aktivitas guru dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor 51 dengan kriteria cukup, dan meningkat pada siklus II dengan perolehan 60,5 dengan kriteria baik dan aktivitas siswa dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor 50,75 dengan kriteria cukup, dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 61 dengan kriteria baik. b) hasil pembelajaran IPS, yaitu (1) Nilai kognitif (a) peningkatan nilai LDS pada siklus I rata-rata kelas sebesar 67 ,76 dengan ketuntasan belajar klasikal 47,37% dan meningkat pada siklus II sebesar 78,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 100%. (b) Peningkatan nilai tes, ditunjukkan pada siklus I dengan rata-rata 69,54 dengan ketuntasan belajar klasikal 50% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 75,76 dan ketuntasan belajar secara klasikal 92,1%. (2) Meningkatkan nilai afektif, peningkatan ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor afektif siswa pada siklus I diperoleh 9 siswa dengan kriteria baik dan 16 siswa kategori cukup dan meningkat pada siklus II diperoleh 33 siswa dengan kriteria baik dan 5 siswa kategori cukup (3) Meningkatkan nilai psikomotor, peningkatan ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh 16 siswa dengan kategori baik dan 22 siswa kategori cukup dan meningkat pada siklus II diperoleh 32 siswa kategori baik dan 6 siswa kategori cukup. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPS dengan menerapkan Model Kooperatif Tipe TPS dengan Metode Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran IPS kelas VC SDN 19 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 13:40 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 13:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3909 |
Actions (login required)
View Item |