ANAL DPD R LISIS P RI PER POLITIC RWAKI CAL MA ILAN B A PEM PADA ARKET BENGK ILU 20 TING AN KULU T 009 NGGO TERPIL TA LIH

Zatirah , Zara and Azhar, Marwan and Yudisiani, Yudisiani (2009) ANAL DPD R LISIS P RI PER POLITIC RWAKI CAL MA ILAN B A PEM PADA ARKET BENGK ILU 20 TING AN KULU T 009 NGGO TERPIL TA LIH. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

[img] Text
Zara Zatirah FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pemilu merupakan ajang partisipasi masyarakat dalam pemerintahan, oleh karena itu dapat ditemui banyaknya kandidat yang terdaftar sebagai calon anggota legislatif dalam hal ini DPD. Dalam kegiatan kampanye setiap kandidat mempunyai cara untuk memperoleh simpatisan. political marketing merupakan kegiatan dalam kampanye politik yang mampu membawah kandidat masuk sebagai anggota DPD RI, baik itu kampanye yang dilakukan oleh juru kampanye, kampanye tatap muka langsung maupun kegiatan kampanye yang memanfaatkan media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kegiatan political marketing yang dilakukan oleh empat kandidat terpilih yang mampu membawah mereka duduk ke kursi anggota DPD RI perwakilan Bengkulu. Metode penelitian ini mempergunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa ke empat kandidat terpilih melakukan kegiatan political marketing pada kegiatan kampanyenya, hanya saja porsinya yang berbeda-beda, dan diantara keempat kendidat tersebut mempunyai kesamaan yaitu kampanye tatap muka langsung merupakan kegiatan yang paling efektif dan kegiatan dominan yang dilakukan keempat kanddat adalah kegiatan yang dilakukan oleh juru kampanye, hanya perbedaan dalam publikasi setelah kegiatan yang membedakannya, Sultan yang mempunyai dana yang relatif cukup memungkinkan untuk mempublikasikan kegiatan kampanyenya melalui media massa, sehingga terkesan selalu muncul di media, sedangkan Eni untuk media massa tidak begitu menonjol tetapi Eni didukung oleh jaringan massa yang kuat. Untuk Bambang, Bambang juga mempublikasikan kegiatan kampanyenya melalui media massa dan didukung oleh jaringan etnis yaitu etnis Jawa/Sunda, serta untuk Mahyudin sendiri juga didukung faktor jaringan etnisitas yang kuat yaitu suku lembak dan kelompokkelompok masyarakat lembak, juru kampanye Mahyudin relatif kuat pada kegiatan kampanye Pemilu 2009.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 09 Dec 2013 22:25
Last Modified: 09 Dec 2013 22:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item