PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERFIKIR KREATIF ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN METODE KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS KELAS IX SMP N 1 PADANG JAYA

Putra., Fendiana Agung Cayana (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERFIKIR KREATIF ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN METODE KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS KELAS IX SMP N 1 PADANG JAYA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-fen-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-fen-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar berfikir kreatif siswa antara yang diajar dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (ekperimen semu) dengan populasi siswa kelas IX di SMP N 1 Padang Jaya. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random Sampling sehingga diperoleh kelas IXb sebagai kelas eksperimen dan kelas IXd sebagai kelas kontrol.instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan postest yang terdiri dari 15 butir soal essay, terbagi atas tiga kali pretest dan tiga kali posttest yang masing-masing tes diberikan 5 butir soal. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata posttest kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor posttest kelas kontrol dengan thitung 3,893 ttabel 2,000 pada taraf signifikan 95% dan dilanjutkan dengan N-gain,dengan menghitung silisih N-gain antara kelas eksperimen (0,61) dan kelas kontrol (0,53) diperoleh besar perbedaan peningkatan hasil belajar berfikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,08 atau dalam persentase sebesar 8%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar berfikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMP N 1 Padang Jaya, yakni 8%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 10 Dec 2013 15:53
Last Modified: 10 Dec 2013 15:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item