Widyaningrum, Rara Girlianti and Amrul, Bahar and Elvinawati , Elvinawati (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI KELAS X6 SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN METODE SSCS (SEARCHING, SOLVING, CREATING AND SHARING). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-rar-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (241MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1,13-rar-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (241MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas X6 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan metode SSCS pada pokok bahasan konsep mol. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes menggunakan post test dan teknik non tes menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta observasi psikomotor dan afektif siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan metode SSCS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk aktivitas guru hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata sebesar 30 dengan kriteria baik,pada siklus II sebesar 37 dengan kriteria baik dan pada siklus III sebesar 38 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata sebesar 19,3 dengan kriteria cukup, pada siklus II sebesar 21 dengan kriteria baik dan pada siklus III sebesar 27 dengan kriteria baik.Untuk hasil belajar kognitif, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 67,97, daya serap klasikal sebesar 67,97%, ketuntasan belajar klasikal sebesar 56,25%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,94, daya serap klasikal sebesar 79,94%, ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,25%. Pada siklus III nilai rata-rata sebesar 85,69, daya serap klasikal sebesar 85,69%, ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,50%. Untuk hasil belajar psikomotor, pada siklus I sebanyak 68,75% siswa berada pada kriteria baik, pada siklus II sebanyak 78,13% siswa berada pada kriteria baik dan siklus III sebanyak 87,50% siswa berada pada kriteria baik. Untuk hasil belajar afektif, pada siklus I sebanyak 68,75% siswa berada pada kriteria baik, pada siklus II sebanyak 78,13% siswa berada pada kriteria baik dan pada siklus III sebanyak 87,50% siswa berada pada kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 11 Dec 2013 13:58 |
Last Modified: | 11 Dec 2013 13:58 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4076 |
Actions (login required)
View Item |