PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN LINGKARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Irsal, Nur Aliyyah and Dewi , Rahimah and Rusdi, Rusdi (2013) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN LINGKARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-nur-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (986kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-nur-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal open-ended pada mata pelajaran matematika pokok bahasan lingkaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap penelitian yaitu: tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan yang terdiri dari validasi ahli, uji terbatas, dan uji lapangan.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 32 siswauntuk uji coba terbatas dan 132 siswa untuk uji lapangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Lembar Validasi Soal Open-Ended , Lembar Kepraktisan Soal Open-Ended, Lembar Keberagaman Jawaban Siswa, dan Lembar angket Respon Siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan yaitu Hasil pengembangan soal-soal open-ended pada mata pelajaran matematika pokok bahasan lingkaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang valid, praktis, dan efektif adalah: (a) termasuk dalam kategori “valid”menurut ahli dalam hal isi, konstruksi soal dan bahasa, dengan nilai rata-rata validitas 3,93 ; (b) termasuk dalam kategori “sangat praktis” dengan nilai ratarata kepraktisan 4,33 ; dan (c) efektif, dengan pencapaian efektifitas : (1) Rata-rata keberagaman jawaban siswa adalah 5,95; (2) Persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 60 adalah 76,46% ; dan (3) Persentase jumlah respon positif siswa adalah 91,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 11 Dec 2013 14:33
Last Modified: 11 Dec 2013 16:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4091

Actions (login required)

View Item View Item