MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL ANGKA DENGAN MEDIA ICT DI KELOMPOK B TK HARAPAN BANGSA JERANGLAH KECAMATAN MANNA BENGKULU SELATAN (PENELITIANTINDAKAN KELAS)

Sari, Desty Puspita and Dharmayana, I Wayan and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL ANGKA DENGAN MEDIA ICT DI KELOMPOK B TK HARAPAN BANGSA JERANGLAH KECAMATAN MANNA BENGKULU SELATAN (PENELITIANTINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-des-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-des-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengunaan media ICT dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak Kelompok B TK Harapan Bangsa ?”. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui media ICT sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran mengenal angka yang bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan mengenal angka, yang meliputi 3 aspek yang dapat dikelompokan menjadi kemampuan anak dalam berhitung dari 1 sampai 10, kemampuan anak dalam mengenal angka dengan menggunakan media video, dan kemampuan anak dalam menghubungkan lambang bilangan dengan menggunakan media power point. Setiap aspek di beri nilai baik, cukup, dan kurang sesuai dengan kriteria penilaian. Subjek penelitian ini anak Kelompok B TK Harapan Bangsa dengan jumlah anak 14 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan dengan 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah persentase keberhasilan (peningkatan) kemampuan anak dalam berhitung pada siklus I adalah 11 anak (78%) dari 14 anak dan pada siklus II meningkat menjadi 14 anak (100%) dari 14 anak, sedangkan jumlah persentase kemampuan anak dalam mengenal angka pada siklus I adalah 9 anak (64%) dari 14 anak dan pada siklus II meningkat menjadi 12 anak (86%) dari 14 anak, dan kemampuan anak dalam menghubungkan lambang bilangan dengan banyak gambar pada siklus I adalah 7 anak (50%) dari 14 anak dan pada siklus II meningkat menjadi 12 anak (86%) dari 14 anak. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan media ICT yaitu video dan power point dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka di TK Harapan Bangsa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Dec 2013 09:37
Last Modified: 12 Dec 2013 09:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item