Supriyanti, Dika and I Wayan , Dharmayana and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KINESTETIK MELALUI MUSIK DAN GERAK DI PAUD AL-BAROQAH DESA KARANG CAYA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-dik-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (707kB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-dik-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (702kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah, yaitu kurang memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain melalui gerak dan musik secara maksimal. Guru hanya ingin mengikuti kemauan orang-tua yang menginginkan anaknya mampu membaca dan menulis dengan cepat, sehingga apabila guru mmengajak anak bermain dengan irama musik, maka orang-tua mengganggap mereka tidak belajar. Kenyataan inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Meningkatkan Kinestetik Anak Melalui Musik dan Gerak. Melalui penelitian ini diharapkan permasalahanpermasalahan yang timbul dalam pembelajaran dapat teratasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Kemampuan Kinestetik anak dapat ditingkatkan melalui musik dan gerak di Kelompok B PAUD Al-Baroqah desa Karang Caya?”. Adapun tujuan tersebut adalah, untuk meningkatkan Kemampuan Kinestetik Anak Melalui Musik dan Gerak di Kelompok B PAUD Al-Baroqah desa Karang Caya Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, di Kelompok B PAUD Al-Baroqah desa Karang Caya, pada setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu, perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan di atas dapat disimpulkan: Bahwa dengan kegiatan musik dan gerak cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kinestetik anak di kelompok B PAUD Albaroqah desa Karang Caya. Hal ini dapat terlihat dari hasil pelaksanaan siklus ke II sebagai berikut, (1) Anak dapat menggerakkan kedua kakinya setelah mendengar irama musik, yang mendapat kriteria Baik sudah mencapai 14 orang dari 15 orang anak yaitu sebesar 93%, (2) Anak dapat menggerakkan kedua kaki dan tangannya setelah mendengarkan irama musik, yang mendapat kriteria Baik sudah mencapai 13 orang dari 15 orang anak yaitu sebesar 87%, (3) Anak dapat menggerakkan seluruh anggota tubuhnya setelah mendengar irama musik yang mendapat kriteria Baik sudah mencapai 12 orang dari 15 orang anak yaitu sebesar 80%. Dan peneliti merekomendasikan Kepada kepala sekolah dan guru agar dapat melakukan kegiatan melalui musik dan gerak untuk meningkatkan kemampuan kinestetik anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 12 Dec 2013 09:59 |
Last Modified: | 12 Dec 2013 09:59 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4114 |
Actions (login required)
View Item |