MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI MELALUI TEKNIK MOZAIK DENGAN MEDIA AMPAS KELAPA DI KELOMPOK B PAUD KENANGA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Yuhana, Ema and Rohiat, Rohiat and Delrefi, Delrefi (2013) MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI MELALUI TEKNIK MOZAIK DENGAN MEDIA AMPAS KELAPA DI KELOMPOK B PAUD KENANGA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-ema-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-ema-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah “ Apakah teknik mozaik dengan media ampas kelapa dapat meningkatkan keativitas seni anak di kelompok B PAUD Kenanga Kota Manna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai apakah teknik mozaik dengan media ampas kelapa dapat meningkatkan kreativitas seni anak diPAUD Kenanga Kota Manna”.Metode yang digunakan dalam pembuatan skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, implementasi/pelaksanaan tindakan,observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah berjumlah 15 orang yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbandingan yang nyata antara siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 masih sedikit anak yang memiliki kreativitas seni dengan kategori baik sedangkan pada siklus 2 sudah banyak bahkan sudah seluruh anak yang kreativitas seninya sudah termasuk kategori baik.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa teknik mozaik dengan media ampas kelapa dapat meningkatkan kreativitas seni pada anak kelompok B PAUD Kenanga Kota Manna. hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil observasi anak pada setiap siklus. Siklus pertama secara keseluruhan persentase anak rata-rata 60% dari setiap aspek dan pada siklus kedua meningkat sangat baik pada setiap aspek yaitu rata-rata lebih dari 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Dec 2013 11:14
Last Modified: 12 Dec 2013 11:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4138

Actions (login required)

View Item View Item