Diana, Fera and Normansyah, Sendi and Agus , Joko Purwadi (2013) PENERAPAN METODE BERNYANYI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK DI KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH II PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
|
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-fer-FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) | Preview |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-fer-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Kecerdasan kinestetik anak akan berkembang, bila kegiatan bernyanyi diiringi gerak saling berinteraksi. Dengan pembelajaran bernyanyi diiringi gerak saling berinteraksi maka kecerdasan kinestetik meningkat. Pembelajaran bernyanyi diiringi gerak pada anak sangat bermanfaat untuk merangsang perkembangan anak khususnya diperkembangan fisik dan motorik anak, sebab pembelajaran bernyanyi diiringi gerakan juga mengembangkan enam aspek perkembangan anak dan bernyanyi dan latihan gerak sangat berhubungan erat karena irama lagu dapat mempengaruhi dan mengendalikan pusat syaraf serta dapat pula memberikan latihan pada tenggorokan dan kerongkongan. Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah Bagaimanakah metode bernyanyi dengan menggunakan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di kelompok B2 TK Aisyiyah II? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik anak dengan menggunakan alat bantu pembelajaran dikelompok B2 TK Aisyiyah II Pasar Manna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Pasar Manna kelompok B2 dengan jumlah anak sebanyak 4 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan metode bernyanyi dengan menggunakan alat bantu pembelajaran diiringi gerak ditempat ternyata menghasilkan 69,78%, setelah dilakukan siklus kedua dengan metode bernyanyi dengan menggunakan alat bantu pembelajaran diiringi gerak berpindah ternyata meningkat menjadi 88,54%.Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode bernyanyi dengan menggunakan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di kelompok B2 TK Aisyiyah II Pasar Manna.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 12 Dec 2013 14:16 |
Last Modified: | 12 Dec 2013 14:16 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4156 |
Actions (login required)
View Item |