MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI KELOMPOK BERMAIN AL‐HIDAYAH KECAMATAN KOTA MANNA

Siswanti, Heni and I Wayan , Dharmayana and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI KELOMPOK BERMAIN AL‐HIDAYAH KECAMATAN KOTA MANNA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-hen-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-hen-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Alasan diadakan penelitian ini adalah bahwa: Anak kurang termotivasi belajar berhitung, anak kurang perhatian, anak tidak memperhatikan penjelasan guru, anak cenderung melakukan aktivitasnya sendiri di luar arahan guru, ketika guru memberikan pertanyaan anak tidak merespon.Tujuan Penelitian secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media video di Kelompok Bermain Al-Hidayah kecamatan Kota Manna, secara khusus yaitu: Agar anak dapat berhitung secara urut sesuai dengan angka-angka yang dilihatnya pada media video, agar anak dapat berhitung dengan benda-benda sesuai jumlah angka yang dilihatnya pada media video, agar anak dapat menghitung penjumlahan dan pengurangan dua buah angka melalui media video. Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas,yang dilakukan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Kemampuan anak berhitung secara urut sesuai dengan angka yang dilihatanak pada media video sudah meningkat, ini dibuktikan dengan keberhasilan anak pada siklus I dengan mencapai kreteria nilai amat baik dan baik :66,75%, meningkat pada siklus II: 73,3%, meningkat pada siklus III : 86,7%.Kemampuan anak berhitung dengan benda-benda sesuai jumlah angka yang dilihatnya dalam video sudah meningkat, dibuktikan dengan keberhasilan pada siklus I dengan mencapai kreteria nilai amat baik dan baik : 53,4%, meningkat pada siklus II : 60%, meningkat pada siklus III : 80%. Kemampuan anak menghitung penjumlahan dan pengurangan dua buah angka melalui media video sudah meningkat, ini dibuktikan dengan keberhasilan anak pada siklus I dengan mencapai kreteria nilai amat baik dan baik : 40 %, meningkat pada siklus II : 53,4% dan meningkat pada siklus III : 80%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa: Penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Kelompok Bermain Al-Hidayah Kecamatan Kota Manna.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Dec 2013 14:31
Last Modified: 12 Dec 2013 14:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4159

Actions (login required)

View Item View Item